Kamis, 06 Juni 2013

Game Engine Technology

Teknologi dalam pembuatan dan pengembangan game dewasa ini memang berkembang dengan sangat pesat dan beragam. Sehingga dalam pembuatan game sudah banyak game yang dibuat dengan grafis serta tampilan yang sangat menarik. Untuk dapat membuat game seperti ini tentu dibutuhkan sebuah perangkat yaitu Game Engine.

Game Engine adalah sebuah sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Game Engine ini biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render yang digunakan untuk 2D atau 3D grafis yang dapat memudahkan seorang pengembang untuk merancang game mulai dari rendering, visual, arsitektur, AI, dan bahkan sistem jaringan game itu sendiri dan juga menyediakan kerangka kerja perangkat lunak yang pengembang gunakan untuk membuat game untuk konsol permainan video dan komputer pribadi. Dengan adanya game engine ini, proses pembuatan dan pengembangan game menjadi lebih efisien.

Contoh game engine open source :
OGRE, Panda 3D, crystal space, blender game engine, jME, openSceneGraph, dan lain-lain.

Contoh game engine berbayar :
c4 Engine, torque game engine, 3DGamestudio, DXStudio, neoExis engine, esenthel engine, dan lain-lain.

Disini kita akan mengambil contoh game engine OGRE. OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah mesin render 3D yang ditulis dalam bahasa C++ dan  dirancang untuk menghasilkan aplikasi menggunakan hardware-accelerated grafis 3D. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan solusi umum untuk grafis rendering. OGRE juga dilengkapi dengan fasilitas lain (vektor dan matriks kelas, penanganan memori, dll).

Pemilihan OGRE sebagai mesin grafis memungkinkan pengembang kebebasan untuk menggunakan fisika apapun, input, audio dan perpustakaan lain yang mereka inginkan dan memungkinkan tim pengembangan OGRE untuk fokus pada grafis daripada mendistribusikan upaya mereka antara beberapa sistem.

Fitur yang ada pada OGRE antara lain adalah :
1. OGRE berorientasi obyek desain dengan Plugin arsitektur yang memungkinkan mudah penambahan fitur, sehingga membuatnya sangat modular.
2. OGRE sepenuhnya multi-platform, dengan dukungan OpenGL dan Direct3D. Hal ini dapat membuat konten yang sama pada platform yang berbeda tanpa pencipta konten harus mempertimbangkan kemampuan yang berbeda dari setiap platform. Hal ini mengurangi kompleksitas menjalankan sebuah permainan pada beberapa sistem. Saat pre-compiled binari ada untuk Linux , Mac OS X , dan semua versi utama Windows.
3. OGRE juga mendukung program Vertex dan Fragment shader bersama dengan adat ditulis dalam GLSL , HLSL , Cg dan assembler .
4. Manajer adegan lanskap memiliki dukungan untuk Progressive LOD , yang dapat secara otomatis atau manual dibuat.
5. OGRE juga memiliki compositing manajer dengan bahasa scripting dan layar penuh Video pengolahan pasca untuk efek seperti HDR ,mekar , kejenuhan, kecerahan, kabur dan kebisingan. Sebuah sistem partikel dengan render extensible dan efektor disesuaikan dan emitter.
6. Perpustakaan juga memiliki memori debugging dan memuat sumber dari arsip.
7. Ada alat eksportir konten yang tersedia untuk sebagian pemodel 3D sekitar termasuk 3D Studio Max , Maya , Blender , Lightwave ,Milkshape , Sketchup dan banyak lagi.

Contoh salah satu Game Open Source (OGRE) adalah Rigs of Rods.
Rigs of Rods ("RoR") adalah sebuah open source multi-game simulasi yang dibangun menggunakan spesifik fisika lembut tubuh mesin yang disebut Beam, yang mensimulasikan jaringan node saling berhubungan (membentuk sasis dan roda) dan memberikan kemampuan untuk mensimulasikan benda terdeformasi.

Rigs of Rods awalnya diciptakan sebagai simulator truk off-road. Sebelum versi 0.28, permainan terbatas pada kendaraan darat khas dengan roda, tapi kemudian pesawat dan perahu mesin telah ditambahkan dalam permainan ini.

Rigs of Rods tidak memiliki tujuan gameplay mendasar, namun dukungan scripting memberikan kontribusi untuk misi dan bermain game interaksi seperti waktu pemeriksaan di sepanjang jalan atau dragstrips.

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/OGRE
en.wikipedia.org/wiki/Rigs_of_Rods‎
http://cakrawalamaya.blogspot.com/2012/03/pengertian-game-engine.html

Waktu akses : Jumat, 7 Juni 2013 pukul 09.00 WIB



Game Design Concept

Perkembangan game dewasa ini sudah berkembang dengan sangat luar biasa, dari hanya sekedar game sederhana hingga kini banyak game yang telah berkembang baik dari segi grafis, alur cerita, bahkan dapat dimainkan secara bersama sama dengan player lain di seluruh dunia (on-line). Salah satu game yang akan saya bahas disini adalah game RF Online (Rising Force Online).

RF Online adalah sebuah permainan yang berpusat pada konflik antara 3 bangsa untuk memperebutkan resource yang berharga yaitu tambang agar untuk memakmurkan bangsa tersebut dan bertempur untuk menaklukan seluruh jagad. Ada 3 ras yang ada pada permainan ini yaitu :

Acretia Empire (ras cyborg) yang mempunyai tujuan untuk menguasai dunia. Tubuh metal mereka adalah yang paling kuat di dalam permainan dan mempunyai teknologi canggih, tetapi mereka tidak bisa memakai sihir.

Bellato Union yang merupakan bangsa petualang yang memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. Bangsa Bellato banyak didukung dengan berbagai macam teknologi. Bellato mampu membuat Massive Armor Unit (MAU) dan senjata untuk dipergunakan dalam peperangan.

Dan yang terakhir adalah Holy Alliance Cora yang merupakan suatu bangsa dengan peradaban spiritual yang amat kuat budayanya di bidang agama dan seni sihir. Berdasarkan sejarah, bangsa Cora sendiri merupakan bangsa yang terbentuk dari campuran beberapa negara dan bangsa yang memiliki kepercayaan sama. Penampilan mereka juga amat menarik, laki-lakinya tinggi tegap, dan perempuannya elok dan cantik.

Selain itu dalam game ini kita juga diajarkan cara untuk memimpin suatu bangsa dalam menjaga stabilitas bangsanya agar tidak menjadi bangsa yang terpuruk dan tertindas karena kalah dalam peperangan.

Game RF Online ini semakin berkembang, dalam segi Level, Armor, Weapon, Map, dll. Selain itu grafik dalam game ini juga sangat menarik dan bagus, karena dibuat dengan detail baik pada karakternya, monsternya bahkan map tempat hunting untuk levelingnya sehingga para Patriot RF (sebutan untuk para player RF online) tidak akan bosan saat memainkan game ini.

RF Online dikembangkan oleh CCR. Versi pertama dari permainan ini dirilis di Korea Selatan dan kemudian diikuti oleh Cina (Mandarin), terjemahan Jepang, Portugis dan Inggris. Amerika / Eropa Utara versi permainan meluncurkan fase ritel pada tanggal 21 Februari 2006. Pada bulan Agustus 2012, RF Online dikonfirmasi peluncuran di Amerika Serikat melalui GamesCampus penerbit. RFO saat ini dengan konsep adalah free-to-play game.

Berikut ini ada beberapa hal yang menurut saya membuat game ini dapat bertahan sampai sekarang adalah :
1.Alur ceritanya menarik.
2.Karakter yang dipilih serta job nya memiliki banyak variasi.
3.Hunting saat levelingnya memiliki tantangan atau Quest yang berbeda-beda.
4.Senjata serta Armor yang disediakan sangat beragam tergantung dengan levelnya.
5.Desain karakter, monster serta map nya detail sehingga menarik untuk dimainkan.
6.Adanya sistem Guild (Perkumpulan) yang bisa mempererat antar player.
7.Sistem war yang diadakan tiga kali sehari sehingga para player antar bangsa bisa saling menunjukkan kekuatannya satu sama lain saat war tersebut.
8.Musik pendukungnya sangat pas dengan gamenya.
9.Dapat dimainkan secara Online.

Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Rising_Force_Online