Kamis, 06 Juni 2013

Game Engine Technology

Teknologi dalam pembuatan dan pengembangan game dewasa ini memang berkembang dengan sangat pesat dan beragam. Sehingga dalam pembuatan game sudah banyak game yang dibuat dengan grafis serta tampilan yang sangat menarik. Untuk dapat membuat game seperti ini tentu dibutuhkan sebuah perangkat yaitu Game Engine.

Game Engine adalah sebuah sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Game Engine ini biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render yang digunakan untuk 2D atau 3D grafis yang dapat memudahkan seorang pengembang untuk merancang game mulai dari rendering, visual, arsitektur, AI, dan bahkan sistem jaringan game itu sendiri dan juga menyediakan kerangka kerja perangkat lunak yang pengembang gunakan untuk membuat game untuk konsol permainan video dan komputer pribadi. Dengan adanya game engine ini, proses pembuatan dan pengembangan game menjadi lebih efisien.

Contoh game engine open source :
OGRE, Panda 3D, crystal space, blender game engine, jME, openSceneGraph, dan lain-lain.

Contoh game engine berbayar :
c4 Engine, torque game engine, 3DGamestudio, DXStudio, neoExis engine, esenthel engine, dan lain-lain.

Disini kita akan mengambil contoh game engine OGRE. OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah mesin render 3D yang ditulis dalam bahasa C++ dan  dirancang untuk menghasilkan aplikasi menggunakan hardware-accelerated grafis 3D. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan solusi umum untuk grafis rendering. OGRE juga dilengkapi dengan fasilitas lain (vektor dan matriks kelas, penanganan memori, dll).

Pemilihan OGRE sebagai mesin grafis memungkinkan pengembang kebebasan untuk menggunakan fisika apapun, input, audio dan perpustakaan lain yang mereka inginkan dan memungkinkan tim pengembangan OGRE untuk fokus pada grafis daripada mendistribusikan upaya mereka antara beberapa sistem.

Fitur yang ada pada OGRE antara lain adalah :
1. OGRE berorientasi obyek desain dengan Plugin arsitektur yang memungkinkan mudah penambahan fitur, sehingga membuatnya sangat modular.
2. OGRE sepenuhnya multi-platform, dengan dukungan OpenGL dan Direct3D. Hal ini dapat membuat konten yang sama pada platform yang berbeda tanpa pencipta konten harus mempertimbangkan kemampuan yang berbeda dari setiap platform. Hal ini mengurangi kompleksitas menjalankan sebuah permainan pada beberapa sistem. Saat pre-compiled binari ada untuk Linux , Mac OS X , dan semua versi utama Windows.
3. OGRE juga mendukung program Vertex dan Fragment shader bersama dengan adat ditulis dalam GLSL , HLSL , Cg dan assembler .
4. Manajer adegan lanskap memiliki dukungan untuk Progressive LOD , yang dapat secara otomatis atau manual dibuat.
5. OGRE juga memiliki compositing manajer dengan bahasa scripting dan layar penuh Video pengolahan pasca untuk efek seperti HDR ,mekar , kejenuhan, kecerahan, kabur dan kebisingan. Sebuah sistem partikel dengan render extensible dan efektor disesuaikan dan emitter.
6. Perpustakaan juga memiliki memori debugging dan memuat sumber dari arsip.
7. Ada alat eksportir konten yang tersedia untuk sebagian pemodel 3D sekitar termasuk 3D Studio Max , Maya , Blender , Lightwave ,Milkshape , Sketchup dan banyak lagi.

Contoh salah satu Game Open Source (OGRE) adalah Rigs of Rods.
Rigs of Rods ("RoR") adalah sebuah open source multi-game simulasi yang dibangun menggunakan spesifik fisika lembut tubuh mesin yang disebut Beam, yang mensimulasikan jaringan node saling berhubungan (membentuk sasis dan roda) dan memberikan kemampuan untuk mensimulasikan benda terdeformasi.

Rigs of Rods awalnya diciptakan sebagai simulator truk off-road. Sebelum versi 0.28, permainan terbatas pada kendaraan darat khas dengan roda, tapi kemudian pesawat dan perahu mesin telah ditambahkan dalam permainan ini.

Rigs of Rods tidak memiliki tujuan gameplay mendasar, namun dukungan scripting memberikan kontribusi untuk misi dan bermain game interaksi seperti waktu pemeriksaan di sepanjang jalan atau dragstrips.

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/OGRE
en.wikipedia.org/wiki/Rigs_of_Rods‎
http://cakrawalamaya.blogspot.com/2012/03/pengertian-game-engine.html

Waktu akses : Jumat, 7 Juni 2013 pukul 09.00 WIB



Tidak ada komentar:

Posting Komentar