Selasa, 07 Januari 2014

Kiat-kiat Mempersiapkan Diri dalam Menghadapi Wawancara Kerja (Interview)


Untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan saat kita melamar di suatu perusahaan kita harus menghadapi bebarapa test, salah satunya adalah test wawancara kerja. Dalam menghadapi wawancara kerja ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar nantinya kita tidak gagal dan dapat dengan baik menghadapinya.

Berikut ini adalah kiat-kiat untuk mempersiapkan diri dalam panggilan wawancara kerja di sebuah perusahaan, yaitu:

1)  Mempersiapkan diri terhadap pertanyaan yang akan ditanyakan.
Kita harus mempersiapkan diri terlebih dahulu terhadap pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul pada saat wawancara nanti. Misalnya bila pelamar adalah seseorang yang berasal dari jurusan informatika, maka kita wajib belajar seputar informatika secara garis besarnya.

2)  Ciptakan kesan pertama yang baik.
Kesan pertama yang baik dapat membuat kita berpeluang untuk mengikuti proses selanjutnya dengan cara mempersiapkan diri sebaik mungkin baik secara penampilan maupun mental. Wawancara kerja yang baik akan berhasil dilakukan bila pelamar memperhatikan penampilannya.

3)  Berkonsentrasi dalam menjawab pertanyaan.
Dalam wawancara kerja yang perlu diperhatikan adalah tingkat konsentrasi pada saat diwawancarai. Kita harus memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi sehingga saat diberikan pertanyaan maka kita dapat menjawabnya dengan sebaik-baiknya.

4)  Jangan berbohong saat diwawancarai.
Saat diwawancarai janganlah kita menjawab pertanyaan dengan berbohong. Karena nantinya bisa saja bila suatu saat kita diterima di perusahaan tersebut maka kebohongan kita akan ketahuan cepat atau lambat dan akan berakibat buruk nantinya.

5)  Tepat waktu.
Perlu kita perhatikan selanjutnya adalah masalah ketepatan waktu. Karena lebih baik kita datang sebelum waktu wawancara daripada datang tepat pada saat wawancara atau bahkan terlambat karena dapat member kesan yang buruk nantinya, selain itu saat kita terlambat datang hal tersebut akan mempengaruhi kondisi psikologis kita yang akan grogi dan tidak tenang serta terburu-buru sehingga hasilnya pun kurang maksimal.

6)   Perhatikan bahasa tubuh.
Saat wawancara kerja kita seharusnya menggunakan bahasa tubuh yang tepat dan baik. Misalnya dengan tersenyum, lalu posisi duduk dengan kaki yang menekuk rapi, tidak berbunyi, dan tidak bergerak ke mana-mana. Badan harus tegak dan tidak membungkuk pada saat wawancara kerja.

Mungkin hal-hal seperti ini terlihat sepele namun hal-hal seperti ini harus benar-benar diperhatikan untuk wawancara kerja agar nantinya kita dapat sukses dan berhasil diterima di perusahaan yang kita impikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar