Minggu, 24 November 2013

Perseroan Terbatas (PT)


Perseroan Terbatas, yang selanjutnya disebut Perseroan adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang ini serta peraturan pelaksanaannya. (Berdasarkan Undang-undang nomor 40 tahun 2007 dalam pasal 1)
Perseroan Terbatas adalah bentuk badan usaha yang paling sempurna dan banyak digunakan pengusaha sebagai landasan hukum melakukan kegiatan usaha di Indonesia.

*      Regulasi dan Prosedur Pendirian PT

1) Tahap Pengajuan Nama PT.
Pengajuan nama perusahaan ini didaftarkan oleh notaris melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) Kemenkumham. Adapun persyaratan yang dibutuhkan sebagai berikut:
v  Melampirkan asli formulir dan pendirian surat kuasa;
v Melampirkan photocopy Kartu Identitas Penduduk (“KTP”) para pendirinya dan para pengurus perusahaan;
v  Melampirkan photocopy Kartu Keluarga (“KK”) pimpinan/pendiri PT.

Proses ini bertujuan untuk akan melakukan pengecekan nama PT (apakah Nama PT tersebut sudah gunakan atau tidak?), dimana pemakaian PT tidak boleh sama atau mirip sekali dengan nama PT yang sudah ada maka yang perlu siapkan adalah 2 (dua) atau 3 (tiga) pilihan nama PT, usahakan nama PT mencerminkan kegiatan usaha anda. Disamping itu, pendaftaran nama PT ini bertujuan untuk mendapatkan persetujuan dari instansi terkait (Kemenkumham) sesuai dengan UUPT dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2011 Tentang Tata Cara Pengajuan dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.

2) Tahap Pembuatan Akta Pendirian PT.
Pembuatan akta pendirian dilakukan oleh notaris yang berwenang diseluruh wilayah negara Republik Indonesia untuk selanjutnya mendapatkan pesetujuan dari Menteri Kemenkumham.
Patut untuk dipahami, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan akta ini, yaitu:
1.  Kedudukan PT, yang mana PT harus berada di wilayah Republik Indonesia dengan menyebutkan nama Kota dimana PT melakukan kegiatan usaha sebagai Kantor Pusat;
2.    Pendiri PT minimal 2 orang atau lebih;
3.  Menetapkan jangka waktu berdirinya PT: selama 10 tahun, 20 tahun atau lebih atau bahkan tidak perlu ditentukan lamanya artinya berlaku seumur hidup;
4.    Menetapkan Maksud dan Tujuan serta kegiatan usaha PT;
5.    Akta Notaris yang berbahasa Indonesia;
6.    Setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham, kecuali dalam rangka peleburan;
7. Modal dasar minimal Rp.50.000.000,- (lima puluh juta Rupiah) dan modal disetor minimal 25% (duapuluh lima perseratus) dari modal dasar;
8.    Minimal 1 orang Direktur dan 1 orang Komisaris; dan
9. Pemegang saham harus WNI atau Badan Hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia, kecuali PT dengan Modal Asing atau biasa disebut PT PMA.

3) Tahap Pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP).
Permohonan SKDP diajukan kepada kantor kelurahan setempat sesuai dengan alamat kantor PT anda berada, yang mana sebagai bukti keterangan/keberadaan alamat perusahaan (domisili gedung, jika di gedung). Persyaratan lain yang dibutuhkan adalah: photocopy Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir, Perjanjian Sewa atau kontrak tempat usaha bagi yang berdomisili bukan di gedung perkantoran, Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur, Izin Mendirikan Bangun (IMB) jika PT tidak berada di gedung perkantoran.

4) Tahap Permohonan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
Permohonan pendaftaran NPWP diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan keberadaan domisili PT. Persyaratan lain yang dibutuhkan, adalah: NPWP pribadi Direktur PT, photocopy KTP Direktur (atau photocopy Paspor bagi WNA, khusus PT PMA), SKDP, dan akta pendirian PT.

5) Tahap berikutnya pengesahan Anggaran Dasar Perseroan oleh Menteri Kemenkumham.
Permohonan ini diajukan kepada Menteri Kemenkumham untuk mendapatkan pengesahan Anggaran Dasar Perseroan (akta pendirian) sebagai badan hukum PT sesuai dengan UUPT. Persyaratan yang dibutuhkan antara lain:
v  Bukti setor bank senilai modal disetor dalam akta pendirian;
v  Bukti Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebagai pembayaran berita acara negara;
v  Asli akta pendirian.

6) Mengajukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
SIUP ini berguna agar PT dapat menjalankan kegiatan usahanya. Namun perlu untuk diperhatikan bahwa setiap perusahaan patut membuat SIUP, selama kegiatan usaha yang dijalankannya termasuk dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLUI) sebagaimana Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 57 Tahun 2009 Tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia.

Permohonan pendaftaran SIUP diajukan kepada Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan/atau Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan kota atau kabupaten terkait sesuai dengan domisili PT. Adapun klasifikasi dari SIUP berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan No.39/M-DAG/PER/12/2011 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Perdagangan No.36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan adalah sebagai berikut:
1.    SIUP Kecil, wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan yang kekayaan bersihnya lebih dari Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha;
2.    SIUP Menengah, wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan yang kekayaan bersihnya lebih dari Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp. 10.000.000.000,- (sepuluh milyar Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat Usaha;
3.    SIUP Besar, wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan yang kekayaan bersihnya lebih dari Rp. 10.000.000.000,- (sepuluh milyar Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

7) Mengajukan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
Permohonan pendaftaran diajukan kepada Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan/atau Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan kota atau kabupaten terkait sesuai dengan domisili perusahaan. Bagi perusahaan yang telah terdaftar akan diberikan sertifikat TDP sebagai bukti bahwa perusahaan/badan usaha telah melakukan wajib daftar perusahaan sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No.37/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Perusahaan.

8) Tahap Berita Acara Negara Republik Indonesia (BNRI).
Setelah perusahaan melakukan wajib daftar perusahaan dan telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Kemenkumham, maka harus di umumkan dalam BNRI dari perusahaan yang telah diumumkan dalam BNRI, maka PT telah sempurna statusnya sebagai badan hukum.

*      SDM dan Organisasi
SDM (Sumber Daya Manusia) Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu asset usaha yang berharga, sebelum memilih pegawai perhatikan masalah kepribadian, kesetiaan dan kemampuanya.
Organisasi adalah sebuah kelompok yang terdiri dari dua atau lebih orang yang bekerja bersama-sama dalam suatu bentuk yang ditetapkan untuk mencapai sejumlah tujuan. Sebuah took kelontong yang dimiliki dan dioperasikan oleh sepasang suami isteri dapat disebut organisasi.

Struktur Organisasi
Dalam organisasi terdapat bentuk dasar organisasi yang diklasifikasikan dalam 3 kategori yaitu :
1. Struktur Birokratis
Struktur birokratis ialah system manajemen yang didasarkan pada kerangka wewenang formal yang diiktisarkan dengan cermat dan dilaksanakan dengan tepat.
Menurut dimensi strukural umum, birokrasi dapat bercirikan sebagai berikut :
a.   Tingkat ketepatan spesialisasi pekerjaan yang tinggi.
b.   Pembentukan departemen berdasarkan fungsi.
c.    Pola delegasi yang formal dan tepat.
d.   Tingkat sentralisasi yang tinggi.
e.    Rentang manajemen yang sempit sebagai dampak organisasi yang luas.
f.     Posisi lini dan staf ditetapkan dengan jelas, dengan hubungan formal di antara keduanya.
Contoh : lembaga pemerintahan dan perguruan tinggi.

2. Struktur Organis
Struktur organis ialah system manajemen yang terdapat pada kerjasama dan wewenang berdasarkan pengetahuan. Struktur ini tidak seformal birokrasi sehingga lebih fleksibel. Struktur organis cenderung berdimensi structural sebagai berikut :
a.    Tingkat spesialisasi kerja rendah.
b.    Pembentukan departemen berdasarkan produk, lokasi atau konsumen.
c.    Pola delegasi bersifat umum dan informal.
d.    Tingkat desentralisasi tinggi.
e.    Rentang manajemen luas.
f.     Posisi lini dan staf tidak ditetapkan dengan tegas, dengan hubungan yang kurang formal.

3. Struktur Matriks
Struktur matriks merupakan struktur organisasi terbaru dan paling kompleks. Struktur ini bercirikan system perintah berganda. Orang harus melapor kepada lebih dari seorang atasan pada waktu yang sama. Struktur matriks ialah struktur organisasi yang memadukan garis wewenang vertical dan horizontal. Struktur matriks terjadi ketika pembentukan departemen produk ditindihkan pada organisasi yang pembentukan departemennya dilakukan secara fungsional. Dalam organisasi matriks, wewenang didelegasikan baik ke bawah maupun mendatar.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang struktur organisasi matriks, pertama dengan memperhatikan tatanan fungsional yang bersifat umum, dengan orang yang bekerja di departemen seperti pemasaran dan keuangan. Kemudian diasumsikan personel dari kedua departemen ini ditugasi dalam sebuah kelompok khusus yang bekerja dalam suatu tim dengan tugas mengerjakan sebuah proyek baru. Kelompok khusus ini merupakan departemen produk yang sesungguhnya. Manajer yang ditugasi dalam kelompok ini disebut manajer proyek. Setiap orang yang bekerja dalam kelompok ini, disamping melapor kepada manajer proyek, juga harus melapor kepada atasannya di departemen fungsional.

Deskripsi dan Spesifikasi Tugas
Secara teori, jenis pekerjaan itu ada jenis pekerjaan di dalam ruangan (back office), pekerjaan lapangan seperti tenaga marketing, dan pekerjaan profesional seperti dokter dan pengacara. Semua jenis pekerjaan itu mempunyai deskripsi pekerjaan (job description) dan tanggung jawab berbeda. Job description yang baik memuat perincian tugas dan tanggung jawab utama. Tanggung jawab utama ini merupakan sasaran yang melekat pada pemangku jabatan agar misi jabatan dapat dicapai.

Beberapa hal penting harus diperhatikan dalam menyusun job description.
·         Langsung menggambarkan hasil-hasil utama dari uraian jabatan.
·         Fokus pada proses maupun hasil, bukan pada aktivitas semata.
·         Secara eksplisit menggambarkan hasil yang harus dicapai pemangku jabatan.
·  Sebaiknya setiap tanggung jawab dapat diukur keberhasilannya dalam bentuk performance indicator.

Spesifikasi pekerjaan (job spescification) adalah sebuah daftar pengetahuan , keahlian, kemampuan, dan karakteristik lainnya yang harus dimiliki oleh individu untuk melaksanakan sebuah pekerjaan. Pengetahuan mengacu ke informasi prosedural dan faktual yang diperlukan bagi pelaksanaan sebuah tugas secara berhasil. Spesifikasi pekerjaan menggambarkan tuntutan pekerjaan atas para karyawan yang melakukannya dan persyaratan keahlian manusia.

Persyaratan manusia meliputi pengalaman, pelatihan, pendidikan dan kemampuan memenuhi tuntutan fisik dan mental. Informasi tersebut dapat merupakan salah satu dari ketiga kategori berikut:
·         Persyaratan kualifikasi umum seperti pengalaman dan pengertian
·    Persyaratan penddikan termasuk , termasuk pendidikan menengah , universitas, atau pendidikan kejuruan
·         Pengetahuan, keahlian dan kemampuan.

Sistem Penggajian
Sistem penggajian dilakukan secara terstruktur dan sesuai dengan pekerjaannya, didalam suatu usaha terdapat perinciian gaji yang ditentukkan dengan jabatannya, dan dalam menggaji setiap pekerja ditentukan pada saat di wawancarai terdapat sebuah perjanjian antara management dan karyawan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara pegawai.

Proses Recruitment
Perekrutan karyawan ialah proses penarikan pelamar pekerjaan yang memenuhi kualifikasi. Tujuan penyelenggaraan perekrutan adalah untuk mendapatkan sejumlah pelamar yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Jumlah pelamar yang tepat harus sesuai dengan lowongan pekerjaan atau jabatan yang belum terisi.
Tata cara perekrutan karyawan yaitu :
·         Perekrutan Eksternal
Perekrutan eksternal adalah upaya untuk menarik pelamar pekerjaan dari luar perusahaan. Sarana untuk perekrutan eksternal yang dapat digunakan antara lain iklan surat kabar, pengumuman di kampus perguruan tinggi dan lembaga penyalur tenaga kerja.
·         Perekrutan Internal
Perekrutan internal dilakukan dengan mempertimbangkan karyawan yang ada untuk mengisi lowongan atau jabatan yang tersedia.

*      Aspek Pemasaran
Perusahaan melakukan studi atas tiga kegiatan besar, yaitu :
1.    Penentuan segmen, target, dan posisi produk pada pasarnya.
2.  Kajian untuk mengetahui hal-hal utama dari konsumen potensial, seperti perihalsikap, perilaku serta kepuasan mereka atas produk-produk sejenis.
3.    Menentukan strategi, kebijakan dan program pemasaran.

Segmentasi Pasar
Agar segmentasi pasar dapat berguna, harus diperhatikan karakteristik berikut :
·    Dapat diukur, maksudnya besar pasar dan daya beli di segmen ini dapat diukur walaupun ada beberapa komponen yang sulit diukur.
·  Dapat terjangkau, maksudnya sejauh mana segmen ini dapat secara efektif dicapai dan dilayani oleh produsen, walaupun ada kelompok pasar yang sulit dijangkau.
·   Besar segmen , maksudnya berap besar segmen yang harus dijangkau agar  penjualan produk dapat menguntungkan secara signifikan.
·     Dapat dilaksanakan, maksudnya sejauh mana program yang efektif itu dapatdilaksanakan untuk mengelola segmen ini.

Menetapkan Pasar Sasaran
Setelah segmen pasar diketahui, selanjutnya perusahaan perlu melakukan analisisuntuk dapat memutuskan berapa segmen pasar yang akan dicakup lalu memilih segmen mana yang akan dilayani.

Menentukan Posisi Pasar
Setelah perusahaan memutuskan segmen pasar yang akan dimasuki, selanjutnya harus diputuskan pula posisi mana yang ingin ditempati dalam segmen tersebut.

Manajemen Pemasaran
Analisis Persaingan.
Agar dapat menetapkan strategi pemasaran kompetitif yang efektif, studi kelayakan bisnis perlu juga mencermati produk, harga, saluran distribusi maupun promosi yang dilakukan oleh para pesaing yang terdekat.
v  Mengidentifikasi Pesaing.
Langkah-langkah dalam menganalisis pesaing :
·        -  Perusahaan yang menawarkan produk dan harga yang sama di pasar
·        -  Perusahaan yang membuat produk atau kelas produk yang sama
·        -  Perusahaan lain yang membuat produk dan memasok yang sama
·         -  Perusahaan yang bersaing merebut uang dari konsumen yang sama
v  Menentukan sasaran pesaing. Dengan mengetahui sasaran pesaing beserta penekanannya dapat menunjukkan apakah mereka puas dengan situasinyasekarang serta bagaimana kemungkinan reaksinya atas berbagai tindakankompetitif
v  Mengidentifikasi Strategi Pesaing
v Menilai kekuatan dan kelemahan pesaing. Dimana perusahaan melakukan riset pemasaran terhadap pelanggan, pemasok maupun dealer, selanjtnya data itudianalisis untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk menilai pesaing.
v  Mengestimasi pola reaksi pesaing
v  Memilih pesaing

*      Aspek Keuangan
Keuangan adalah kegiatan yang berhubungan dengan penentuan investasi jangka panjang sebuah perusahaan, mendapatkan dana untuk membayar, dan memimpin kegiatan keuangan harian sebuah perusahaan.

Komponen-komponen Biaya
Secara umum dalam pelaksanaan proyek, komponen biaya dibagi atas:
·   Biaya personil adalah komponen-komponen biaya yang dikeluarkan untuk membayar honor dan gaji tim kerja yang bekerja dengan kita. Hitung komponen biaya berdasarkan kesepakatan dengan anggota tim, apakah akan berdasarkan orang-jam/man-hour, oranghari/man-day atau orang-bulan/man-month. Masukkan seluruh anggota tim kerja dari mulai Manajer Proyek sampai Office-boy yang membantu kelancaran pekerjaan tim.
·   Biaya nonpersonil adalah komponen-komponen biaya yang harus dikeluarkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan proyek.

Komponen-komponen biaya tersebut antara lain:
1.    Biaya Transportasi, Hitung kebutuhan transportasi baik untuk di dalam kota maupun luar kota. Untuk transportasi dalam kota dapat menggunakan perhitungan estimasi harga per liter premium untuk per lima kilometer jarak.
2.    Biaya Allowance Penugasan Luar Kantor, Pada saat berangkat untuk penugasan luar kota tentunya ada biaya tambahan untuk kita maupun tim kerja yang ditugaskan. Untuk menghitung biaya allowance ini dapat menggunakan contoh sebagai berikut:+ Uang makan 3 kali sehari Rp 90.000,- (jika penugasan luar kota) + Biaya komunikasi sehari Rp 15.000,-
3. Biaya Rutin adalah ongkos-ongkos yang harus dikeluarkan rutin selama kegiatan berlangsung seperti telepon, sambungan internet, korespondensi, listrik, air, gas, keamanan, pemeliharaan, dan sebagainya.
4.    Biaya Pemanfaatan Peralatan dan Sewa adalah ongkos-ongkos yang harus dikeluarkan seperti sewa ruangan (kerja/produksi, presentasi dan pelatihan), komputer, printer, kendaraan, dan sebagainya. Masukkan seluruh komponen tersebut sekalipun tidak disampaikan kepada klien karena biasanya mereka menolak untuk membayar beban-beban tersebut.
5.    Biaya Belanja Barang Pakai Habis adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli barang-barang seperti kertas, alat tulis kantor, tinta printer, disket, CD/DVD, dan sebagainya.
6.  Biaya Penyusunan Laporan adalah biaya yang harus dikeluarkan dalam penyusunan laporan kegiatan dan modul user manual dari misalnya: proyek aplikasi perangkat lunak yang kita bangun. Perkirakan berapa biaya yang habis untuk kerja orang yang mengetik dan mengeditnya, pencetakan, pemaketan dan pengirimannya.

Estimasi Biaya
Definisi perkiraan biaya adalah seni memperkirakan kemungkinan jumlah biaya yang diperlukan untuk suatu kegiatan yang didasarkan pada informasi yang tersedia pada waktu itu (Iman Soeharto_National Estimating Society USA), berdasarkan definisi, tersebut maka perkiraan biaya mempunyai pengertian sebagai berikut :
·         Perkiraan biaya yaitu melihat, memperhitungkan dan mengadakan perkiraan atas hal-hal yang akan terjadi selanjutnya
·    Analisis biaya yang berarti pengkajian dan pembahasan biaya yang pernah ada yang digunakan sebagai informasi yang penting

Kualitas estimasi sangat ditentukan oleh :
·         Tersedianya data dan informasi
·         Teknik dan metode yang digunakan
·         Kecakapan dan pengalaman estimator
·         Tujuan pemakaian perkiraan biaya

Sumber informasi terbaik adalah pengalaman perusahaan dari proyek-proyek yang pernah dikerjakan.

Dasar-dasar Penyusunan Anggaran Perusahaan
Budget (Anggaran) ialah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan (yang menimbulkan penerimaan/hak dan juga pengeluaran/kewajiban), yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu / periode tertentu yang akan datang.

1.    Rencana tersebut memiliki spesifikasi- spesifikasi tertentu, seperti;
·         disusun secara sistematis
·         mencakup seluruh kegiatan perusahaan, dan
·         dinyatakan dalam satuan moneter/uang

2.  Meliputi seluruh kegiatan perusahaan :
·       -   Fungsi produksi
·         - Fungsi pembelanjaan/keuangan
·         - Fungsi administrasi
·         - Fungsi pemasaran
·         - Fungsi personalia

3.  Untuk waktu yang akan datang
Macam Budget/Anggaran (berdasarkan periode penyusunannya):
Budget Taktis
- Budget Harian
- Budget Mingguan
- Budget Bulanan
Budget Strategis
- Budget Tahunan
- Atau Sesuai kebutuhan

Beberapa faktor yang mempengaruhi jangka waktu berlakunya budget/anggaran:
·        -  Luas pasar/pekerjaan
·        - Posisi perusahaan dalam persaingan
·        - Jenis produk yang dihasilkan (Elastis atau In-elastis)
·        - Tersedianya data dan informasi
·        - Keadaan perekonomian

Cash flow (aliran kas) 
Cash flow merupakan “sejumlah uang kas yang keluar dan yang masuk sebagai akibat dari aktivitas perusahaan dengan kata lain adalah aliran kas yang terdiri dari aliran masuk dalam perusahaan dan aliran kas keluar perusahaan serta berapa saldonya setiap periode. Hal utama yang perlu selalu diperhatikan yang mendasari dalam mengatur arus kas adalah memahami dengan jelas fungsi dana/uang yang kita miliki, kita simpan atau investasikan.

Secara sederhana fungsi itu terbagi menjadi tiga yaitu :
·     Pertama, fungsi likuiditas, yaitu dana yang tersedia untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari dan dapat dicairkan dalam waktu singkat relatif tanpa ada pengurangan investasi awal
·         Kedua, fungsi anti inflasi, dana yang disimpan guna menghindari resiko penurunan pada daya beli di masa datang yang dapat dicairkan dengan relatif cepat.
·   Ketiga, capital growth, dana yang diperuntukkan untuk penambahan/ perkembangan kekayaan dengan jangka waktu relatif panjang.

Aliran kas yang berhubungan dengan suatu proyek dapat di bagi menjadi tiga kelompok yaitu:
a) Aliran kas awal (Initial Cash Flow) merupakan aliran kas yang berkaitan dengan pengeluaran untuk kegiatan investasi misalnya; pembelian tanah, gedung, biaya pendahuluan dsb. Aliran kas awal dapat dikatakan aliran kas keluar (cash out flow)
b) Aliran kas operasional (Operational Cash Flow) merupakan aliran kas yang berkaitan dengan operasional proyek seperti; penjualan, biaya umum, dan administrasi. Oleh sebab itu aliran kas operasional merupakan aliran kas masuk (cash in flow) dan aliran kas keluar (cash out flow).
c) Aliran kas akhir (Terminal Cash Flow) merupakan aliran kas yang berkaitan dengan nilai sisa proyek (nilai residu) seperti sisa modal kerja, nilai sisa proyek yaitu penjualan peralatan proyek.

Laporan arus kas (cash flow) mengandung dua macam aliran/arus kas yaitu :
1. Cash inflow
Cash inflow adalah arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang melahirkan keuntungan kas (penerimaan kas). Arus kas masuk (cash inflow) terdiri dari:
•    Hasil penjualan produk/jasa perusahaan.
•    Penagihan piutang dari penjualan kredit.
•    Penjualan aktiva tetap yang ada.
•    Penerimaan investasi dari pemilik atau saham bila perseroan terbatas.
•    Pinjaman/hutang dari pihak lain.
•    Penerimaan sewa dan pendapatan lain.

2. Cash out flow
Cash out flow adalah arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang mengakibatkan beban pengeluaran kas. Arus kas keluar (cash out flow) terdiri dari :
•    Pengeluaran biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya pabrik lain-lain.
•    Pengeluaran biaya administrasi umum dan administrasi penjualan.
•    Pembelian aktiva tetap.
•    Pembayaran hutang-hutang perusahaan.
•    Pembayaran kembali investasi dari pemilik perusahaan.
•    Pembayaran sewa, pajak, deviden, bunga dan pengeluaran lain-lain.

Laporan arus kas ini memberikan informasi yang relevan tentang penerimaan dan pengeluaran kas dari perusahaan dari suatu periode tertentu, dengan mengklasifikasikan transaksi berdasarkan pada kegiatan operasi, investasi dan pendanaan.

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.

Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
·        -  Neraca
·        -  Laporan Rugi Laba
·        -  Laporan perubahan ekuitas
·   - Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
·   - Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan

Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aset, kewajiban dan ekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinereja dalam laporan rugi laba adalah penghasilan dan beban. Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporan rugi laba dan perubahan dalam berbagai unsur neraca.



Selasa, 29 Oktober 2013

Game Crash Team Racing (CTR)


Alur Cerita (Story CTR)
             Suatu hari, penduduk bumi dikunjungi oleh makhluk luar angkasa bernama Nitros Oksida, yang mengaku menjadi pembalap tercepat di galaksi. Ia kemudian menantang para penduduk bumi untuk ikut dalam sebuah permainan yang disebut "Survival of the Fastes", ia mengundang pembalap bumi yang terbaik. Jika pembalap bumi menang, ia berjanji untuk meninggalkan bumi, akan tetapi jika menang maka Oksida akan mengubah bumi menjadi rumah baginya dan kemudian memperbudak penduduk dunia.
            Setelah kekalahan Oksida di tangan karakter pemain, kemudian ia meninggalkan bumi tetapi ia berjanji bahwa ia akan kembali ketika semua Relics Waktu telah dikumpulkan. Kemudian Oksida menjaga ucapannya dan dengan marah ia meninggalkan bumi selamanya. Sebuah epilog disampaikan selama akhir kredit, menjelaskan karakter-karakter dari permainan itu setelah peristiwa cerita. Kemudian Nitros Oksida kembali ke planet asalnya Gasmoxia. Setelah menjalani terapi untuk mengatasi kerugian, ia kembali mengambil unicycle-balapnya hanya untuk masuk ke dalam sebuah kompetisi CTR.

Alur dalam Game  
            Game CTR ini sebenarnya memiliki alur yang sederhana dimana para pemain dapat bermain dengan memilih beberapa pilihan yaitu Adventure, Time Trial, Arcade, VS, Battle atau High Score. Game ini juga dapat dimainkan oleh 2 player bahkan sampai 4 player sekaligus.
            Pada permainan ini, pemain dapat menjalankan kart-nya dengan menekan tombol X pada controller, tombol O untuk melempar senjata, tombol kotak untuk rem, tombol R1 untuk melompat, tombol R2 untuk melihat kebelakang (seperti menggunakan kaca spion).

v  Adventure adalah permainan single player dimana pemain akan masuk dalam story mode, pada mode ini nantinya setelah mengalahkan para raja yang ada, nantinya pemain akan mendapatkan karakter baru yang belum terbuka sebelumnya.

v  Time Trial adalah juga merupakan permainan single player dimana pemain dituntut untuk memecahkan rekor dengan memecahkan waktu terbaik yang ada dalam balapan.

v  Arcade adalah permainan single atau double player. Disini, pemain dapat memilih Single Race (hanya satu lintasan, namun pemain dapat menentukan jumlah Lap sesuai dengan keinginan) atau Cup (Terdiri dari empat lintasan yang berbeda) pada saat balapan.

v  Versus adalah permainan yang tidak begitu berbeda dengan Arcade, namun disini hanya akan ada para pemain (player) tidak ada player komputer yang ikut bertanding.

v  Battle adalah permainan yang bisa dimainkan oleh empat pemain yang pada mode ini merupakan mode perang antar pemain (bukan balapan), disini pemain bisa menentukan senjata apa saja dan berapa jumlahnya yang nantinya akan digunakan di arena peperangan.

            Dalam game ini juga terdapat dua kotak atau peti berwarna coklat yang berada ditempat-tempat tertentu di lintasan balap dimana pada kotak pertama (kotak yang memiliki tanda berupa tanda tanya [?] ) yang berisi senjata yang dapat membantu dalam balapan dan kotak yang kedua (kotak yang polos) yang berisi buah apel dimana buah apel itu sangat berguna untuk menambah kecepatan kart dan membuat kekuatan senjata menjadi lebih besar. Saat balapan, sering-seringlah pemain untuk menekan tombol R1(lompat) karena dengan melompat maka kart dapat menambah kecepatan dengan drastis seperti sedang menggunakan NOS atau turbo.

         Dalam permainan ini terdapat 5 mode yaitu adventure, time trial, arcade, VS, battle atau high score. Adventure adalah Permainan petualangan yang hanya bisa dimainkan satu pemain, player harus bisa memenangkan semua arena dan mengumpulkan banyak trofi. tujuan dari adventure ini adalah menyelamatkan dunia dari pelaku jahat atau antagonis yaitu Nitros Oksida, dengan memenangkan pada 16 track yang berbeda.

Karakter
Didalam Crash Team Racing terdapat lima belas karakter, meskipun hanya delapan dari mereka yang dimainkan dari awal.

·Crash Bandicoot adalah tokoh utama dari seri game ini, dia adalah pembalap yang memiliki kart dengan kekuatan serba seimbang.

·Dokter Neo Cortex, adalah seorang ilmuwan gila (musuh Crash) yang ingin menghentikan nitros Oxide sehingga ia dapat menaklukkan dunia sendiri. Sama seperti Crash, kart nya juga mamiliki kemampuan yang seimbang.

·Coco Bandicoot (adik perempuan Crash) adalah seorang jenius komputer yang memasang chip komputer ke dalam dirinya kart untuk meningkatkan percepatannya dari kart miliknya.

·Dokter N. Gin adalah seorang ilmuwan roket yang menambahkan bagian kustom kartnya sama seperti Coco untuk meningkatkan percepatannya.

·Pura dan Polar adalah karakter yang memiliki kart dengan kecepatan rendah namun peningkatan penanganan yang tinggi yang memungkinkan mereka untuk menavigasi sudut yang ketat.

·Tiny Tiger dan Dingodile adalah karakter yang memiliki kart yang dirancang untuk kecepatan tertinggi.

·Aku Aku dan Uka Uka adalah makhluk kembar dukun masker Aku Aku dan Uka Uka (Sebenarnya mereka hanya membantu, bukan sebagai pembalap), keduanya memberikan petunjuk yang membantu pemain mengembangkan keterampilan balap mereka. Saat didampingi oleh mereka, maka pemain akan dilindungi dari semua serangan dan rintangan sambil meningkatkan kecepatan kart itu. Namun, kekuatan mereka tidak dapat melindungi pemain dari jurang atau perairan dalam.


            

Senin, 14 Oktober 2013

PT. MANDIRI CReASINDO

PT. MANDIRI CReASINDO adalah merupakan salah satu Perusahaan IT yang menawarkan solusi Teknologi Informasi bagi Instansi dan SATKER Pemerintahan dalam rangka merespons INPRES No. 3 th 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.

Produk yang ditawarkan oleh PT. MANDIRI CReASINDO adalah untuk pengembangan segment pasar pemerintahan adalah berbagai software aplikasi pemerintahan yang mengacu pada kebijakan pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan pemerintahan. Adapun perangkat lunak yang dikembangkan adalah :

Perangkat lunak untuk mempermudah Sistem Manajemen dan Proses Kerja Pemerintah terdiri dari :
1) CReASINDO e-doc, dapat digunakan untuk aktivitas kesekretariatan.
2) CReASINDO Payroll dan CReASINDO Perjalanan dapat digunakan untuk bagian Keuangan.
3) CReASINDO Kepegawaian dan CReASINDO DIKLAT dapat digunakan untuk bagian Kepegawaian.
4) CReASINDO Perencanaan dapat digunakan untuk bagian Perencanaan.
5) CReASINDO Audit dapat digunakan untuk bagian Inspektorat.
6) CReASINDO Logistik dan CReASINDO Potensi Aset dapat digunakan untuk bagian Perlengkapan (masih dalam pengembangan).
7) CReASINDO Perpustakaan dapat digunakan untuk bagian Humas (Biro Humas dan Umum).
8) CReASINDO Akuntansi dan Keuangan dapat digunakan untuk bagian Keuangan.
9) CRaASINDO Manajemen Agenda dapat digunakan untuk bagian Kesekretariatan dan Tata Usaha.
Perangkat lunak untuk memudahkan pelaksanaan pekerjaan di unit teknis:
1) CReASINDO Messaging digunakan untuk pengumpulan informasi melalui SMS.
2) CReASINDO CLIMbase dirancang khusus untuk basis data iklim.
3) CReASINDO Spatial digunakan untuk mempermudah analisis dengan penyajian spasial.

Selain itu PT. MANDIRI CReASINDO juga menyediakan Desain Printing Media Elektronik dan Desain Printing Media Percetakan, yaitu:
Produk desain printing tidak hanya diatas media cetak, tetapi juga diatas media elektronik. Disamping itu PT. MANDIRI CReASINDO memberikan konsultasi desain grafis dengan kualitas art-work yang tinggi. Sementara itu, desain printing diatas media elektronik dapat diintegrasikan dengan sistem informasi lain yang dikembangkan.
1) CReASINDO Website, adalah sarana untuk menampilkan Unit Kerja atau Organisasi anda ke dalam dunia maya sehingga dapat dibaca oleh masyarakat luas, dan dapat digunakan untuk sarana komunikasi dengan masyarakat.
2) CReASINDO Multimedia, adalah sarana promosi dalam berbagai format Audio Visual yang dikemas dalam CD atau DVD.

Desain Printing Media Percetakan, adalah salah satu produk dari PT. MANDIRI CReASINDO untuk mempromosikan perusahaan dengan membuat ringkasan dalam bentuk brosur, catalog, company profile, kalender, agenda, tabloid, bulletin dan lain-lain. PT. MANDIRI CReASINDO mencetak di atas kertas yang berkualitas tinggi untuk menjamin akurasi warna cetakan, sehingga produk akan terlihat lebih eksklusif serta bernilai jual tinggi.

Produk yang ditawarkan dari Desain Printing Media Percetakan antara lain :
Company profile, Buku Agenda, Bulletin, News Letter, Majalah, Undangan, Poster dan Flyer, Brosure, Kalender dan Kop Surat, Map, Buku, Booklet, Konsultasi dan desain grafis, dan Banner digital in door/outdoor untuk segala ukuran kertas.

STRUKTUR ORGANISASI PT MANDIRI CReASINDO 


Biodata Perusahaan dari PT. MANDIRI CReASINDO :
•Nama Perusahaan : PT. MANDIRI CReASINDO
•Alamat Kantor : Jl. Kalasan No.1, Menteng Jakarta Pusat 10320 Telp. 021-7060 2216, Fax. 021-390 4323
•Website : www.mcreasindo.com e-mail : information@mcreasindo.com
•Akte Perusahaan Nama Notaris : Hj. Sri Purwaningsih Soemarno, SH.  Nomor : 01 Tanggal: 01 Agustus 2005
•Pengesahan Departemen Kehakiman Nomor : C-00514 HT.01.01.TH.2006 Tanggal :24 Pebruari/2006
•Surat Keterangan Domisili Perusahaan Nomor : 80/1.824.02/2007 Tanggal : 01 Maret 2007 Berlaku s/d Tanggal : 01 Maret 2008
•Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Nomor : 02.192.552.4-071.000 Tanggal : 24 Agustus 2005
•Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP) Nomor : PEM-00022/WPJ.06/KP.0803/2006 Tanggal : 16 Meret 2006
•Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Nomor : 0.845/1.824.51 Tanggal : 4 Februari 2006 Bidang Usaha :
a) Perdagangan Barang :
- Distribusi peralatan untuk Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
- Komputer dan Peripheral
- Percetakan
b) Jasa Konsultan :
- Telematika
- Iklim dan Kesesuaian Lahan
•Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Nomor : 09.05.1.51.53104 Tanggal : 24 Pebruari 2006 Berlaku s/d Tanggal : 24 Pebruari 2011
•Bank Account : 103 – 00 – 0436425 – 9 Bank : Mandiri KCP. Menara Thamrin Atas nama : PT. MANDIRI CReASINDO



Kamis, 06 Juni 2013

Game Engine Technology

Teknologi dalam pembuatan dan pengembangan game dewasa ini memang berkembang dengan sangat pesat dan beragam. Sehingga dalam pembuatan game sudah banyak game yang dibuat dengan grafis serta tampilan yang sangat menarik. Untuk dapat membuat game seperti ini tentu dibutuhkan sebuah perangkat yaitu Game Engine.

Game Engine adalah sebuah sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Game Engine ini biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render yang digunakan untuk 2D atau 3D grafis yang dapat memudahkan seorang pengembang untuk merancang game mulai dari rendering, visual, arsitektur, AI, dan bahkan sistem jaringan game itu sendiri dan juga menyediakan kerangka kerja perangkat lunak yang pengembang gunakan untuk membuat game untuk konsol permainan video dan komputer pribadi. Dengan adanya game engine ini, proses pembuatan dan pengembangan game menjadi lebih efisien.

Contoh game engine open source :
OGRE, Panda 3D, crystal space, blender game engine, jME, openSceneGraph, dan lain-lain.

Contoh game engine berbayar :
c4 Engine, torque game engine, 3DGamestudio, DXStudio, neoExis engine, esenthel engine, dan lain-lain.

Disini kita akan mengambil contoh game engine OGRE. OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah mesin render 3D yang ditulis dalam bahasa C++ dan  dirancang untuk menghasilkan aplikasi menggunakan hardware-accelerated grafis 3D. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan solusi umum untuk grafis rendering. OGRE juga dilengkapi dengan fasilitas lain (vektor dan matriks kelas, penanganan memori, dll).

Pemilihan OGRE sebagai mesin grafis memungkinkan pengembang kebebasan untuk menggunakan fisika apapun, input, audio dan perpustakaan lain yang mereka inginkan dan memungkinkan tim pengembangan OGRE untuk fokus pada grafis daripada mendistribusikan upaya mereka antara beberapa sistem.

Fitur yang ada pada OGRE antara lain adalah :
1. OGRE berorientasi obyek desain dengan Plugin arsitektur yang memungkinkan mudah penambahan fitur, sehingga membuatnya sangat modular.
2. OGRE sepenuhnya multi-platform, dengan dukungan OpenGL dan Direct3D. Hal ini dapat membuat konten yang sama pada platform yang berbeda tanpa pencipta konten harus mempertimbangkan kemampuan yang berbeda dari setiap platform. Hal ini mengurangi kompleksitas menjalankan sebuah permainan pada beberapa sistem. Saat pre-compiled binari ada untuk Linux , Mac OS X , dan semua versi utama Windows.
3. OGRE juga mendukung program Vertex dan Fragment shader bersama dengan adat ditulis dalam GLSL , HLSL , Cg dan assembler .
4. Manajer adegan lanskap memiliki dukungan untuk Progressive LOD , yang dapat secara otomatis atau manual dibuat.
5. OGRE juga memiliki compositing manajer dengan bahasa scripting dan layar penuh Video pengolahan pasca untuk efek seperti HDR ,mekar , kejenuhan, kecerahan, kabur dan kebisingan. Sebuah sistem partikel dengan render extensible dan efektor disesuaikan dan emitter.
6. Perpustakaan juga memiliki memori debugging dan memuat sumber dari arsip.
7. Ada alat eksportir konten yang tersedia untuk sebagian pemodel 3D sekitar termasuk 3D Studio Max , Maya , Blender , Lightwave ,Milkshape , Sketchup dan banyak lagi.

Contoh salah satu Game Open Source (OGRE) adalah Rigs of Rods.
Rigs of Rods ("RoR") adalah sebuah open source multi-game simulasi yang dibangun menggunakan spesifik fisika lembut tubuh mesin yang disebut Beam, yang mensimulasikan jaringan node saling berhubungan (membentuk sasis dan roda) dan memberikan kemampuan untuk mensimulasikan benda terdeformasi.

Rigs of Rods awalnya diciptakan sebagai simulator truk off-road. Sebelum versi 0.28, permainan terbatas pada kendaraan darat khas dengan roda, tapi kemudian pesawat dan perahu mesin telah ditambahkan dalam permainan ini.

Rigs of Rods tidak memiliki tujuan gameplay mendasar, namun dukungan scripting memberikan kontribusi untuk misi dan bermain game interaksi seperti waktu pemeriksaan di sepanjang jalan atau dragstrips.

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/OGRE
en.wikipedia.org/wiki/Rigs_of_Rods‎
http://cakrawalamaya.blogspot.com/2012/03/pengertian-game-engine.html

Waktu akses : Jumat, 7 Juni 2013 pukul 09.00 WIB



Game Design Concept

Perkembangan game dewasa ini sudah berkembang dengan sangat luar biasa, dari hanya sekedar game sederhana hingga kini banyak game yang telah berkembang baik dari segi grafis, alur cerita, bahkan dapat dimainkan secara bersama sama dengan player lain di seluruh dunia (on-line). Salah satu game yang akan saya bahas disini adalah game RF Online (Rising Force Online).

RF Online adalah sebuah permainan yang berpusat pada konflik antara 3 bangsa untuk memperebutkan resource yang berharga yaitu tambang agar untuk memakmurkan bangsa tersebut dan bertempur untuk menaklukan seluruh jagad. Ada 3 ras yang ada pada permainan ini yaitu :

Acretia Empire (ras cyborg) yang mempunyai tujuan untuk menguasai dunia. Tubuh metal mereka adalah yang paling kuat di dalam permainan dan mempunyai teknologi canggih, tetapi mereka tidak bisa memakai sihir.

Bellato Union yang merupakan bangsa petualang yang memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. Bangsa Bellato banyak didukung dengan berbagai macam teknologi. Bellato mampu membuat Massive Armor Unit (MAU) dan senjata untuk dipergunakan dalam peperangan.

Dan yang terakhir adalah Holy Alliance Cora yang merupakan suatu bangsa dengan peradaban spiritual yang amat kuat budayanya di bidang agama dan seni sihir. Berdasarkan sejarah, bangsa Cora sendiri merupakan bangsa yang terbentuk dari campuran beberapa negara dan bangsa yang memiliki kepercayaan sama. Penampilan mereka juga amat menarik, laki-lakinya tinggi tegap, dan perempuannya elok dan cantik.

Selain itu dalam game ini kita juga diajarkan cara untuk memimpin suatu bangsa dalam menjaga stabilitas bangsanya agar tidak menjadi bangsa yang terpuruk dan tertindas karena kalah dalam peperangan.

Game RF Online ini semakin berkembang, dalam segi Level, Armor, Weapon, Map, dll. Selain itu grafik dalam game ini juga sangat menarik dan bagus, karena dibuat dengan detail baik pada karakternya, monsternya bahkan map tempat hunting untuk levelingnya sehingga para Patriot RF (sebutan untuk para player RF online) tidak akan bosan saat memainkan game ini.

RF Online dikembangkan oleh CCR. Versi pertama dari permainan ini dirilis di Korea Selatan dan kemudian diikuti oleh Cina (Mandarin), terjemahan Jepang, Portugis dan Inggris. Amerika / Eropa Utara versi permainan meluncurkan fase ritel pada tanggal 21 Februari 2006. Pada bulan Agustus 2012, RF Online dikonfirmasi peluncuran di Amerika Serikat melalui GamesCampus penerbit. RFO saat ini dengan konsep adalah free-to-play game.

Berikut ini ada beberapa hal yang menurut saya membuat game ini dapat bertahan sampai sekarang adalah :
1.Alur ceritanya menarik.
2.Karakter yang dipilih serta job nya memiliki banyak variasi.
3.Hunting saat levelingnya memiliki tantangan atau Quest yang berbeda-beda.
4.Senjata serta Armor yang disediakan sangat beragam tergantung dengan levelnya.
5.Desain karakter, monster serta map nya detail sehingga menarik untuk dimainkan.
6.Adanya sistem Guild (Perkumpulan) yang bisa mempererat antar player.
7.Sistem war yang diadakan tiga kali sehari sehingga para player antar bangsa bisa saling menunjukkan kekuatannya satu sama lain saat war tersebut.
8.Musik pendukungnya sangat pas dengan gamenya.
9.Dapat dimainkan secara Online.

Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Rising_Force_Online